Pasar Modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif investasi bagi para investor selain menabung membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan. Pasar Modal membantu meningkatan aktivitas ekonomi nasional dimana perusahaan-perusahaan akan lebih mudah memperoleh dana, sehingga akan mendorong perekonomian nasional menjadi lebih maju, yang akan menciptakan kesempatan kerja yang luas, serta meningkatkan pendapatan pajak bagi pemerintah.

Selama ini tingkat literasi dan pengetahuan masyarakat Indonesia tentang pasar modal maupun saham tergolong masih rendah yaitu sekitar sebesar 4,3 persen. adapun indeks literasi industri jasa keuangan lainnya seperti perbankan tercatat sebesar 28,94%, asuransi 15,76%, pembiayaan 13,05% dan pegadaian 17,82%. Hal tersebut menunjukkan bahwa prospek Pasar Modal masih sangat bagus.

Varian instrumen investasi dewasa ini kian beragam. Mulai dari, reksadana, emas, saham, deposito, hingga properti. Dari tahun ke tahun, kesadaran masyarakat berikut nilai investasi terus bertambah. Penulis telah melakukan survey kepeminatan terhadap beberapa mahasiswa yang terdaftar di salah satu PTN/PTS di kota Malang.

Penulis memberikan opsi kepada responden terhadap beberapa instrument investasi. Mayoritas responden memilih emas dengan alasan emas memiliki likuiditas yang tinggi dan rentan dengan krisis, selanjutnya diikuti oleh tabungan dan doposito, karena depostito selain dapat keuntungan margin dan dapat menghilangkan resiko berinvestasi. Sementara untuk instrument saham masih dikatakan rendah disbanding beberapa instrument yang lain seperti Emas, Reksadana, Tabungan dan deposito bagi mahasiswa PTN/PTS di kota Malang.

Dari 109 responden, sayangnya hanya 12 orang yang tahu tentang investasi saham. Tanpa pemahaman yang benar, menempatkan dana di saham bisa membuatmu buntung alias rugi lho. Jangan lupa, ada uang kita yang diinvestasikan di sini, jadi jika tidak dilandasi dengan


Beri Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar

0 Komentar

Belum ada komentar